6gcjsuge

Adopsi Cloud Perusahaan Diprediksi Kian Tinggi

Jakarta – Meski bukan teknologi baru, banyak perusahaan di Indonesia yang belum menerapkan cloud computing dalam menjalankan bisnisnya. Ke depannya, adopsi cloud computing dipastikan akan terus meningkat.

Hal tersebut dikatakan oleh Erwin Sukiato, Country Managing Director Oracle Indonesia dalam media roundtable di Jakarta, Rabu (27/1/2016). Menurut Erwin, penggunaan cloud computing adalah sebuah transformasi digital yang sedang terjadi di dunia.

0167a5b4-dc7c-44c5-9f52-89594ddd98dd_169

Erwin Sukiato, Country Managing Director Oracle Indonesia

“Saya yakin kedepannya banyak perusahaan yang menggunakan cloud, dengan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan,” ujar Erwin. Kelebihan yang disebut oleh Erwin salah satunya jelas efisiensi biaya operasional perusahaan.

Selain itu Erwin juga menyebut bahwa transformasi digital ini tak semata meningkatkan pendapatan, namun juga meningkatkan pengalaman pengguna. “Saat ini yang diinginkan tak cuma streaming sales, tapi juga meningkatkan user experience,” ujarnya.

Erwin pun membangga-banggakan Oracle, yang disebutnya mempunyai keunggulan dibanding kompetitornya. Ia menyebut Oracle mempunyai 3 area layanan cloud, yaitu software as a services (SaaS), platform as a services (PaaS) dan infrastructure as a services (IaaS).

“Ketiga layanan ini penting untuk menyediakan pelanggan dengan lingkungan cloud yang lengkap yang mendukung kebutuhan mereka selama 10 hingga 20 tahun kedepan,” jelas lulusan Waikato Technical Institute, Selandia Baru ini.

Solusi cloud computing yang ditawarkan oleh Oracle ini juga didukung oleh kehadiran Oracle Fusion Middleware (FMW), atau dikenal sebagai Fusion Middleware. FMW ini berfungsi untuk mengintegrasikan aplikasi dan sistem dari platform yang berbeda. (asj/rns)

Sumber: detik.com