6gcjsuge

Ahok: “Gunting Saja Kabel Fiber Optik yang Sumbat Selokan!”

Jakarta – Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memerintahkan kepada petugas kebersihan agar memotong kabel fiber optik di selokan yang menghalangi aliran air. Ini demi Jakarta yang bebas genangan air.

ahok-gunting-saja-kabel-fiber-yang-sumbat-selokan

Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M (Ahok) – Gubernur DKI Jakarta

 

“Makanya saya suruh kalau mereka tidak mau mengubah (pemasangan kabel fiber optik), gunting saja,” kata Ahok dalam sambutan pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) REI DKI Jakarta 2015 di Hotel Ritz Carlton, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2015).

Cara ‘main gunting’ ini memang terkesan asal terjang. Namun demikian, Pemprov DKI Jakarta berhak membenahi wilayahnya meski dengan cara ‘preman’. “Sama-sama preman to? Enggak ada aturan dan saya adalah preman resmi!” ujar Ahok disambut tawa hadirin.

Ahok menyadari trotoar-trotoar di DKI masih jauh dari memuaskan. Jeleknya trotoar di Ibu Kota ini juga disebabkan oleh pengerjaan galian kabel optik yang serampangan. “Kita baru memperbagus (trotoar), nggak tahu ada kabel fiber optik siapa, gali lagi,” keluh Ahok.

Kondisi selokan yang terganggu kabel fiber optik itu tentu saja tidak baik untuk aliran air. Maka petugas-petugas kebersihan tak perlu bingung menghadapi kabel optik itu, potong saja lah bila mengganggu aliran air.

“Sekarang kalau hujan, tengah malam pun seluruh kelurahan pekerjanya turun ke lapangan,” ujar Ahok.

Ahok juga menyayangkan polah orang-orang Jakarta yang ringan saja membuang sampah sembarangan. Ini mengakibatkan banjir, apalagi ditambah kondisi selokan yang tak ideal bercampur sampah.

“Naik mobil mewah juga buang sampah ke luar. Begitu hujan, sampah mencari selokan dan selokannya ada fiber optik di dalamnya,” kata Ahok.

(dnu/fyk)

Sumber: detik.com