6gcjsuge

Google Segera Matikan Gtalk

103856_466915567Jakarta – Anda pengguna Gtalk dan sangat mengandalkan layanan messaging Google tersebut? Kabar buruk, Google segera menutupnya dalam waktu dekat.

Sebuah laporan menyebutkan, Google bersiap menutup Google Talk alias Gtalk, sebagai bagian dari upaya mendorong pengguna layanan messagingnya menggunakan platform yang lebih baru yakni Hangouts.

Sejauh ini, pengguna punya pilihan untuk memakai aplikasi mana yang ingin dipakai. Jika Gtalk sudah dimatikan, nantinya hal ini tak lagi berlaku. Perubahan ini tentu saja cukup mengejutkan.

Aplikasi Gtalk seperti dilansir News Softpedia, Selasa (10/2/2015) kini tak lagi tersedia di Google Play Store. Transisi ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun lalu, ketika pengguna lebih banyak yang tertarik menggunakan Gtalk ketimbang Google Hangouts.

Ada jutaan pengguna Gtalk di seluruh dunia. Kepraktisan Gtalk membuat banyak orang senang menggunakannya. Terutama jika mereka seorang pengguna yang sering beralih chat antara di smartphone dan tablet kemudian ke laptop.

Meningkatnya persaingan dari Facebook dan WhatsApp, membuat Google harus melakukan sesuatu untuk mempertahankan layanannya menjadi pilihan pengguna layanan messaging.

Maka, Google pun menggabungkan messaging, panggilan telepon dan video dalam satu aplikasi. Google sudah menyebutkan bahwa Gtalk akan digantikan dengan Hangouts.

Sama seperti Gtalk, Hangouts terintegrasi dengan aplikasi populer Google seperti Gmail, Google+ dan tersedia sebagai desktop extension maupun aplikasi mobile.

sumber: detik.com