6gcjsuge

Mau Bangun Technopark di Indonesia, Apple?

 

Jakarta – Investasi raksasa teknologi dunia ke Indonesia tak harus melulu soal bangun pabrik. Mengembangkan Technopark pun bisa jadi salah satu jalan untuk berkontribusi.

menperin-apple-bangun-technopark

Nah, jalan inilah yang telah disodorkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kepada Apple cs lewat Technopark yang dibangun di lima kota: Bandung, Bali, Semarang, Batam dan Makassar.

“Technopark ini sudah jalan. Namun pembicaraan dengan Apple dan lainnya juga sudah kami perkenalkan, silakan mereka pilih. Yang pasti sedang mereka pertimbangkan dan kami juga meminta mereka invest dan bangun seperti di Brasil. Kita sudah ada contohnya,” tutur Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan.

Putu menambahkan, khusus dengan Apple, sudah ada beberapa kali meeting dilakukan dengan petinggi pembuat iPhone itu, baik yang dari Singapura atau dari Amerika Serikat.

“Respons mereka positif, karena juga ingin eksis di Indonesia cuma mereka gak tahu caranya,” ia menambahkan saat berkunjung ke kantor Detikcom, Senin (30/11/2015) petang.

Sementara jika terus-terusan dituntut untuk membangun pabrik, dinilai Putu, mungkin lebih berat karena bukan cuma pemilik brand (Apple) yang memutuskan.

“Karena mereka (Apple-red.) cuma tender dan yang menang misalnya Foxconn. Tapi Apple bisa berkontribusi lewat Software Developemnet Center atau lainnya,” lanjutnya.

Hal ini pun diamini oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin. Menurutnya, jika diukur secara value, hadirnya Software Development Center dari para raksasa teknologi akan memberi manfaat lebih besar bagi para mahasiswa Indonesia. Termasuk jika dibandingkan dengan pembangunan pabrik.

“Jauh lebih besar nilainya dibandingkan cuma merakit di pabrik. Dan ini buat pancingan juga agar mereka mau invest di Indonesia,” tandas Menperin.

(ash/fyk)

 Sumber: detik.com