6gcjsuge

Veteran Microsoft Jadi Nakhoda Citrix

Jakarta – Citrix menunjuk Presiden dan CEO baru. Ia adalah Kirill Tatarinov yang merupakan seorang veteran yang sudah banyak makan asam garam di industri teknologi.

Kirill Tatarinov (Foto: Citrix)

Kirill Tatarinov (Foto: Citrix)

Tatarinov juga akan bergabung dengan Dewan Citrix sebagai direktur. Presiden dan CEO Interim Robert Calderoni selanjutnya bakal meneruskan perannya sebagai Pemimpin Eksekutif di Dewan Direksi Citrix, yang fokus dalam melaksanakan rencana strategis untuk keunggulan operasional, struktur modal, dan penyederhanaan portofolio.

Dengan 30 tahun pengalaman di bidang industri, Tatarinov memiliki rekam jejak panjang dalam mengawasi strategi produk dan operasional komersial pada software dan layanan. Latar belakangnya termasuk posisi kepemimpinan di Microsoft selama 13 tahun, termasuk jabatan sebagai Executive Vice President dari Divisi Solusi Bisnis Microsoft di mana ia melipatgandakan pendapatan, meningkatkan profitabilitas, memimpin transformasi divisi ke cloud, dan mengelola ekosistem mitra global.

Selama masa jabatannya di Microsoft, ia juga menjabat sebagai Corporate Vice President Divisi Manajemen & Solusi di mana ia mengakselarasi eksekusi strategi produk, yang berhasil meningkatkan pertumbuhan pendapatan.

Sebelum di Microsoft, Tatarinov adalah anggota dari tim kepemimpinan senior di BMC, di mana ia menjabat sebagai Chief Technology Officer, serta memegang posisi kepemimpinan dalam produk dan pengembangan bisnis.

Citrix sendiri saat ini dikenal sebagai perusahaan IT yang bermain di bidang virtualisasi, manajemen mobilitas, jaringan, dan solusi SaaS. Dengan pendapatan tahunan sebesar USD 3,14 miliar di tahun 2014, solusi Citrix telah digunakan di lebih dari 400.000 organisasi dan lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia.

“Direksi menyambut hangat Kirill sebagai Presiden dan CEO baru Citrix,” kata Robert Calderoni, Executive Chairman.

“Setelah kajian menyeluruh dari setiap kandidat, Dewan Direksi memutuskan bahwa latar belakang manajemen produk Kirill yang kuat dan pengalaman kepemimpinan di bidang teknologi yang luas membuat dia orang yang tepat untuk mengawasi inovasi dan pertumbuhan strategi Citrix,” lanjutnya, dalam keterangannya, Minggu (31/1/2016).

Tatarinov sendiri merasa terhormat dapat bergabung dengan Citrix. “Citrix adalah sebuah perusahaan ikonik dengan merek kelas dunia, produk-produk inovatif, dan basis instalasi besar, termasuk 99% dari Global 500. Citrix adalah enabler kunci dari bisnis digital. Di setiap industri dan daerah, pengiriman aman atas aplikasi dan data merupakan hal strategis yang wajib bagi organisasi dari semua ukuran,” sebutnya.

Proses pencarian CEO dipimpin oleh sebuah komite Dewan yang terdiri dari Robert Calderoni (Pemimpin Komite), Godfrey R. Sullivan dan Jesse Cohn, dengan bantuan dari Heidrick & Struggles, sebuah perusahaan pencari eksekutif terkemuka. Dengan kepemimpinan Tatarinov, Dewan Citrix akan terdiri dari 11 direktur.

(ash/ash)

Sumber: detik.com